TIPS  MEMPERSIAPKAN  ACARA PERHELATAN BESAR ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU  PRASMI /JAMBORE  ANAK AGAR SUKSES UNTUK TINGKAT REGIONAL.

1.Tahun pertama memasukan program PRASMI  dan diprogramkan selama 3 tahun , dan dua tahun sebelumnya mencari dana untuk kegiatan termasuk  bantuan pemerintah, dan Lembaga  menindak lanjuti  keputusan rapat sinode dengan menyurati semua daerah untuk persiapan penggalangan dana dan untuk persiapan dari daerah yang  mendapat Ketempatan acara.

2.Tahun kedua memasukan proposal ke pemda masing-masing,  membentuk panitia  lengkap dengan streeing comitte dan organising commite dengan surat keputusan oleh lembaga gereja.serta pembagian tugas semua wakil ketua dan bidang.

3. Konsultasi dengan Lembaga mitra yang setingkat lebih tinggi seperti dengan PGI Bidang Perempuan dan Anak , yang berkaitan dengan pelayanan anak yang  pernah  memberi pelatihan se Indonesia, untuk memberi pengarahan perihal persiapan  untuk acara jambore/Prasmi  tsb.

4.Sekretaris  membuat agenda rapat.

5.Menyusun program persiapan Fasilitator atau Istruktur Pendamping  Perkampungan  yang terdiri 40 orang , karena  menurus 4 perkampungan , tempat arena   kegiatan anak yang dikelompokan berdasar  bidang-bidang lomba dan permainan yang sudah ditentukan panitia.

5.Mengadakan pelatihan instruktur selama dua kali berturut-turut, dengan mengundang pihak yang berpengalaman.Pelatihan pertama mengundang daerah yang bisa datang .

6. Menyurati daerah sebanyak tiga kali, untuk memastikan kedatangan kontingen dan persiapan  daerah selama setahun.

7. Setahun sebelumnya sudah menyurati semua dinas instnasi terkait, khususnya masalah tenda dan lokasi.

8. 6 bulan dan 3 bulan sebelum dekat hari H  instansi terkait disurati kembali, untuk panggung, air dan  WC portabel.

9. 6 bulan sebelumnya mempersiapkan konsumsi, katering, air minum, mck , lampu , spanduk, seragam, kaos tim instruktur,tas, Banner, Band panggung, penari.

10. 1-2 bulan  sudah dikirim  semua undangan kepada instansi terkait termasuk untuk Gubernur dan bupati dan surat ke instansi untuk penyemprotan hama/nyamuk.

11. 1 bulan sebelumnya  pemesanan  spanduk , akomodasi pembicara, dokumentasi, tema, mennyiapkan  souvenir, hadiah , payung, pagar ayu, penerima tamu, bunga tangan dll

12.Ansitsipasi hujan.

13,Antisipasi  makanan gerobak PKL yang kurang bersih.

14. Antisipasi tempat jam kunjung orang tua.

15. Kesehatan.

16 Dua kali gladi kotor dan sekaki gladi bersih.

Semoga bermanfaat.